Blog ini dibangun untuk memenuhi salah satu proyek matakuliah Statistika dasar dengan dosen pengampu Bapak Apit Fathurohman, S. Pd., M. Si

Sabtu, 02 Mei 2015

apa yang menyebabkan adanya medan magbet bumi?


Medan magnet yang ada pada di planet kita dipercayai berasal dari inti bumi. Tak ada seorang pun yang pernah melalukan perjalanan ke pusat bumi kita, tetapi dengan mempelajari jalan dari gelombang kejut yang berasal dari gempa bumi, para fisikawan mampu memprediksikan struktur dari bumi kita.
sebenarnya pada jantung bumi kita adalah padat inti dalam, dengan ukuran 2/3 ukuran bulan dan dominan tersusun oleh besi. Dengan suhu yang sangat panas yaitu 5700 derajat Celcius, besi ini akan panas sama seperti permukaan matahari, tetapi tekanan yang sangat keras mencegah besi menjadi cair.
Disekeliling inti dalam adalah inti luar dengan tebal 2000 km terdiri dari besi nikel dan sejumlah kecil bahan logam lain. tekanan yang rendah dari pada tekanan yang ada di inti dalam berarti logam pada lapisan ini bersifat cair.
Perbedaan temperatur, tekanan dan komposisi ini ,menyebabkan arus konveksi pada logam yang lebih dingin, bahan yang memiliki kerapatan besar akan tenggelam dan yang memiliki kerapatan yang lebih rendah akan bergerak ke atas. Gaya Coriolis yang dihasilkan oleh perputaran bumi(spin) menyebabkan pusaran yang berputar.
Aliran besi cair yang dihasilkan dari arus konveksi, yang pada akhirnya menghasilkan medan magnetik. logam bermuatan yang melewati medan ini nantinya akan menghasilkan arus listrik  dan siklus pun berlanjut. loop yang berdiri sendiri ini dinamakan Geodynamo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar